Selasa, 20 September 2011

Pengertian dan istilah Internet

Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconnection Networking artinya hubungan computer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan computer ini digunakan protocol TCP/IP yang bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar dan mentransmisikan data dari satu computer ke computer lain. Secara umum TCP/IP berfungsi untuk memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternative jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut menggunakan fasilitas Internet, harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada.
Fasilitas Internet
Fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :

Web, fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling
berhubungan satu sama lain;

E-Mail, fasilitas untuk mengirim dan menerima surat elektronik pada/dari pemakai computer lain yang terhubung di internet;

Newsgroup, fasilitas untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu;

FTP (File Transfer Protocol), fasilitas untuk menghubungkan ke server computer tertentu dan mendownload file yang dibutuhkan dari server tersebut.
Istilah Yang Sering Digunakan

Ada beberapa istilah yang sering digunakan apabila bekerja menggunakan Internet, yaitu:

WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server diseluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama;

Web Site (Situs Web), merupakan tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu;

Web Pages (Halaman Web), merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu;

Homepage, merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari situs web;

Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.


URL, (Uniform Resource Locator) yang berarti suatu "pathname" untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Didalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web. Untuk lebih jelasnya ikuti beberapa contoh berikut :

Contoh : http://www.medikom.com/buku/default.html#atas

Bagian pertama adalah "http", menunjukkan protokol yang digunakan untuk mengakses dokumen yang diinginkan. Protokol ini berfungsi untuk mengatur komunikasi antara komputer client (yang kita pakai saat ini) dengan komputer server (web server). Dalam contoh ini digunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Bagian kedua http://www.medikom.com, menunjukkan lokasi mesin yang akan diakses dan yang menyediakan dokumen yang dibutuhkan.

Bagian ketiga adalah "/buku/default.htm", menunjukkan logical pathname di www.mediakom.com yaitu letak dokumen itu berada. Logical pathname ini tediri ari dua bagian, bagian pertama adalah "/buku" yang berarti nama direktori tempat dokumen berada dan terakhir "/default.htm" adalah nama file/dokumen yang akan kita akses.

Bagian keempat "#atas" , menunjukkan suatu lokasi tertentu dari sebuah dokumen html. Bagian ini disebut sebagai anchor name.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More